Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia

Berita

Restorasi Terumbu Karang untuk Ekonomi Biru yang Berkelanjutan

Coral Reef Restoration For Sustainable Blue Economy

Bali, 26 Maret 2021, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinasi Maritim dan Investisasi beserta jajarannya melakukan kegiatan restorasi terumbu karang yang bekerjasama dengan NGO diantaranya AKKII, NDRF, Biorock dan LINI. AKKII diwakili oleh Irene Yunani sebagai perwakilan AKKII Bali mendemonstrasikan dan menggunakan metode meja besi dalam kegiatan restorasi terumbu karang tersebut. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bapak Menteri Kemenkomarves (Luhut Binsar Panjaitan), Bapak Wamen BUMN (Kartika Wirjoatmodjo), Ibu Wamen Kemenparekraf (Angela Tanoesoedibjo), Bapak Gubernur Bali (Wayan Koster), Bapak Deputi Menkomarves (Safri Burhanuddin) dan beberapa duta besar atau perwakilannya dari beberapa negara seperti Kanada, Italia, Swiss, Jepang, Belanda dan Rusia.

Pada kegiatan ini, AKKII menyiapkan display meja besi yang digunakan sebagai media transplantasi karang. Meja besi yang digunakan berukuran 100x100x60 cm (PxLxT). Tahapan dalam transplantasi menggunakan metode struktur meja besi dapat dilihat pada flyer.

Flyer Metode transplantasi karang dengan menggunakan meja besi

Side Table untuk penanaman karang

Transplantasi karang dengan menggunakan metode meja besi dilakukan oleh Bapak Wamen BUMN (Kartika Wirjoatmodjo) yang didampingi oleh tim dari AKKII. Setelah melakukan penanaman bibit karang pada struktur meja besi, struktur dibawa ke pantai untuk ditata oleh tim penyelam ke tempat yang telah ditentukan di laut.

Bapak Wamen BUMN (Kartika Wirjoatmodjo) melakukan transplantasi karang pada struktur meja besi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =

Berita lainnya

USAHA PELESTARIAN

Koral, kerang, dan ikan hias merupakan sumber daya perikanan yang sesuai dengan undang-undang, potensi ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat. Namun AKKII juga menyadari keberadaan di bumi ini harus dipertahankan kelestariannya.

HUBUNGI KAMI

Scroll to Top